Sidang Itsbat Indonesia

MEKANISME SIDANG ITSBAT DI INDONESIA
Oleh : Cecep Nurwendaya
Narasumber Sidang Itsbat Menteri Agama sejak 2004

Doc. detikcom


SIDANG ITSBAT DI INDONESIA
Sidang Itsbat adalah sidang penetapan awal bulan Hijriah. Sidang Itsbat diselenggarakan sejak tahun 1950 dilaksanakan sederhana berdasar fatwa para ulama bahwa pemerintah punya hak untuk menetapkan Awal Ramadan, Idul Fitri, dan Idul Adha.

Tahun 1972 dibentuk BHR yang didalamnya terdapat para akhli, ulama dan ahli astronomi. Tugas intinya memberikan informasi kepada Menteri Agama tentang data awal bulan Ramadan, Syawal, dan Dzulhijjah.

Sidang itsbat bersifat musyawarah. Penetapan hasil dalam sidang merupakan kesepakatan antara masing-masing ormas Islam yang diwakili oleh utusannya. "Pemerintah hanya memfasilitasi, mengumpulkan para tokoh, para ulama untuk membicarakan kapan awal bulan itu ditetapkan". Hanya nanti setelah diambil satu kesepakatan dari sidang ini, barulah Menteri Agama memutuskan dan mengumumkannya.

Awal bulan Hijriah di Indonesia ditentukan berdasar hisab atau perhitungan Kecuali: bulan ke 9 (Ramadan), 10 (Syawal) dan 12 (Zulhijjah) ditentukan berdasar rukyat (pengamatan atau observasi hilal) dan hisab.

~ InfoNesia Satu ~

Comments

Popular posts from this blog

31 Januari 2018, Istimewanya Bulan Dalam Rangkaian Satu Malam

Gerhana Matahari Pertama 2018