31 Januari 2018, Istimewanya Bulan Dalam Rangkaian Satu Malam


2018 tinggal menghitung hari, fenomena langit sepanjang 2018 turut menanti, mari kita simak fenomena langit malam yang jatuh pada akhir Januari 2018.

Tepat tanggal 31 Januari 2018 nanti, bulan akan sangat istimewa, pasalnya saat tanggal itu tidak hanya terjadi satu atau dua fenomena saja, melainkan empat (4) fenomena pada bulan sekaligus, apa saja? Simak ulasannya!.



1. Full Moon
Fenomena ini adalah fenomena full moon yang kedua di tahun 2018, terjadi ketika seluruh cahaya matahari yang dipantulkan permukaan bulan dapat terlihat dari bumi, namun nantinya pada tanggal 31 Januari mendatang, bulan malah tidak jadi terang akibat cahaya matahari tertutupi badan bumi selama 01 jam 16 menit 04 detik.

2. Super Moon
Yaitu ketika posisi bulan berada pada titik terdekat dengan bumi, fenomena ini di kalangan astronomi disebut dengan Perigee. Pada 31 Januari 2018, bulan berada pada jarak sekitar 360.000 kilometer dari bumi.

3. Blue Moon
Fenomena yang disebut Blue Moon atau Bulan Biru ini hanyalah sebuah istilah yang digunakan untuk purnama kedua dalam satu bulan masehi, sehingga bulan tidaklah bewarna biru. Pada tanggal 31 januari 2018 adalah bulan purnama ke dua dalam Januari 2018 setelah sebelumnya terjadi purnama pada tanggal 02.

4. Total Lunar Eclipse
Ini adalah fenomena yang paling membuat istimewa, terjadi saat cahaya matahari terhalang tubuh bumi dari bulan, sehingga bulan menjadi masuk pada umbra bumi, fenomena Gerhana Bulan Total ini dapat diamati di seluruh wilayah Indonesia tanpa terkecuali. Namun perlu diingat, saat fase total, bulan tidak akan menjadi gelap gulita, melainkan akan berubah warna menjadi kemerahan akibat pantulan cahaya matahari di sekitar atmosfer bumi yang mengenai permukaan bulan.

Karena seluruh fenomena ini terjadi sekaligus, maka dapat dinamai dengan fenomena Super-Red-Blue-Moon

Disayangkan fenomena ini terjadi saat Indonesia pada musim penghujan, sehingga berisiko bulan tertutup mendung. Dengan durasi bulan di umbra bumi selama 03 jam 22 menit 46 detik, diharapkan gerhana bulan masih dapat diamati. Jika terpaksa tidak bisa teramati, tidak perlu risau, karena dapat kembali menyaksikan gerhana bulan total+ pada 28 Juli di tahun yang sama, namun pada musim yang berbeda.

Berikut data waktu yang berhasil dihimpun oleh Tim InfoNesia Satu pada Gerhana Bulan Total 31 Januari 2018 :


~ InfoNesia Satu ~

Comments

  1. terimakasih atas informasi yang bermanfaat seputar bulan tersebut. Saya berharap agar penulis mengunggah tulisan tentang info astronomi lainnya, semisal hujan meteor yang akan lebih memperkaya lagi informasi tentang astronomi untuk khalayak. Salam hangat.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sidang Itsbat Indonesia

Gerhana Matahari Pertama 2018